Rabu, 08 April 2020

SEJARAH PEPRUSTAKAAN STKIP PGRI NGANJUK


Perpustakaan  STKIP PGRI Nganjuk (P-STKIP PGRI NGANJUK ) pertama kali berdiri pada 12 Juni 1980, bersamaan dengan berdirinya  P-STKIP PGRI NGANJUK. Dalam perjalanannya, P-STKIP PGRI NGANJUK mengalami berbagai perubahan dan perkembangan di bidang keorganisasian, layanan pemustaka, dan sumber daya koleksi.
Keorganisasian (manajemen) Perpustakaan SIKIP  PGRI DI NGANJUK  mulai dibenahi pada 1986, di bawah pimpinan Drs. Warsito. Sejak tahun tersebut sampai dengan 2000, PP-STKIP PGRI NGANJUK  mengalami 2 kali pergantian pimpinan. Secara berurutan, mereka adalah Drs. Chodib Suyoso, MM (1986 – 1991), Drs. Juminto, MM (1991 – 1995), dan Drs. Chodib Suyoso, MM  Sampai sekarang.
Dalam hal layanan pemustaka, pada awalnya layanan manual dilaksanakan secara close access, di mana staf mengambilkan koleksi dan pemustaka tidak diijinkan untuk secara langsung mengakses rak koleksi. Pada 1998, layanan dirubah menjadi open access, di mana pemustaka langsung mengakses rak untuk mengambil dan memanfaatkan buku yang dibutuhkan. Sejak akhir 1990an, pemustaka tidak hanya bisa mengakses koleksi cetak, tapi juga koleksi audio visual. Dan pada akhir 2011, pemustaka juga sudah bisa mengakses koleksi karya lokal sivitas secara online dalam format digital.
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Perpustakaan STKIP PGRI NGANJUK pun memanfaatkannya dalam layanan. Sejak tahun 2004, Perpustakaan STKIP PGRI NGANJUK  mulai system otomasi perpustakaan dengan aplikasi SENAYAN. Dan sejak tahun 2017 otomasi peprustakaan STKIP PGRI NGANJUK akan dioptimalkan karena adanya sumber daya baru. Dengan demikian, administrasi dan pengembangan e-library mulai dikembangkan.
Dalam hal koleksi, perkembangan pun cukup signifikan. Dalam jangka waktu 30 tahun, koleksi buku saja meningkat menjadi 10 kali lipat, dari awal sejumlah 442 judul dan 1165 eksemplar menjadi 10348 exemplars. Pada tahun 2017 Tidak hanya buku, perkembangan jenis koleksi meliputi koleksi karya lokal, koleksi multimedia dan koleksi digital akan menjadi koleksi baru di perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk

No
KEPALA UNIT PEPRUSTAKAAN
PERIODE
(THN)
1
Drs. Chodib Suyoso, MM
1986 – 1991
2
Drs. Juminto, MM
1991 – 1995
5
Drs. Chodib Suyoso, MM
1996 - 2017
6
Caltira Rosiana, M.Pd
2017 - Sekarang

10.  Visi dan Misi Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk
Visi Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk
Menjadikan Perpustakan STKIP PGRI Nganjuk sebagai Perpustakaan yang memiliki Kualitas dan Kuantitas unggul dalam Teknologi dan Tri Dharma.
Misi Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk
Menjadi pusat sumber informasi berbasis teknologi demi mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi STKIP PGRI Nganjuk
Perpustakaan sebagai wahana untuk mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) di STKIP PGRI Nganjuk menjadi berkualifikasi dan profesional dalam bidangnya yang bercirikan hal-hal berikut:
a.        Sebagai sumber pengetahuan agar SDM memiliki cakrawala yang luas, kritis, bermoral, dan memiliki kemampuan.
b.        Sebagai sumber inspirasi yang dapat dimanfaatkan dalam segala aspek.
c.        Sebagai sumber informasi dalam mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu yang dimiliki.
d.       Sebagai sumber ilmu dalam menciptakan karya.
Pengembangan Perpustakaan yang seirama bersama IPTEK dan Seni dalam mendukung Tri Dharma Pendidikan.

11.  Upaya yang dikerjakan untuk mencapai misi diantarnya sebagai berikut:
a.       Kerjasama saling menguntungkan dengan semua pihak (symbiotic link)
b.      Layanan prima, berorientasi kebutuhan masyarakat sekolah
c.       Pengembangan multimedia yang terkoordinasi
12.  Data Petugas Perpustakaan tahun pelajaran 2017- SEKARANG
No
Nama
Jabatan
Tugas
1
Caltira Rosiana, M.Pd
Dosen tetap yayasan
Ka. Perpustakaan
2
Sutarsih
Kaur. Perpustakaan
Sirkulasi dan Administrasi
3
Harizon
Staff Peprustakaan
Pelayanan Teknis dan Tehnik Perpustakaan

13.  Struktur Organisasi Perpustakaan





Disqus Comments