Selasa, 30 April 2019

STANDAR OPERATING PROCEDURE (SOP)






A.    DASAR HUKUM
1.      Undang-Undang No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.                                     
2.      SK Mendiknas Tahun 2002 tentang Perpustakaan.
3.      Undang – undang RI No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
4.              Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Paraturan   Negara dan Reformasi Birokrasi No. 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan.

B.     PERATURAN DAN TATA TERTIB
1.   WAKTU BERKUNJUNG
a.             Senin – Jumat pukul 15.00 s/d 20.00 WIB (waktu regular)
       Sepuluh menit sebelum tutup tidak melayani peminjaman
2.      PEMINJAMAN
a.             Pelayanan peminjaman hanya diberikan pada masyarakat STKIP ‘PGRI’ Nganjuk atau mereka yang terdaftar menjadi anggota atau memiliki kartu perpustakaan.
b.            Bagi mayarakat umum/berasal dari instansi lain dapat membaca buku di perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk.
c.             Pelayanan peminjaman dibuka sesuai jam kerja perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk.
d.            Bagi mahasiswa wajib menunjukkan kartu anggota perpustakaan yang masih berlaku.
3.      BATAS JUMLAH PEMINJAMAN
a.             Mahasiswa hanya diperkenankan meminjam sebanyak - banyaknya 3 exemplar.
b.            Dosen dan karyawan diperkenankan meminjam sebanyak - banyaknya 4 exemplar bahan pustaka (selama 1 tahun dan dapat diperpanjang kembali sesuai kebutuhan)
4.      JANGKA WAKTU PEMINJAMAN BUKU
a.             Bahan pustaka umum (buku teks) dan referensi tugas – tugas makalah selama 1 minggu.
b.            Dosen/Asisten Dosen dan karyawan diberikan keistimewaan sesuai dengan kebutuhan (maksimal satu semester).
c.             Bahan bacaan hanya dapat dipinjam selama 3 minggu (bisa diperpanjang)
d.            Untuk  buku – buku mahal (tebal) sperti ensiklopedi, kamus, dan lain-lain hanya diperkenankan dibaca di tempat.
e.             Bahan pustaka referensi, tesis, disertasi dan terbitan berkala hanya boleh dipinjam untuk dibaca di tempat selama jam buka pelayanan.
5.      PENGEMBALIAN DAN PERPANJANGAN
a.             Peminjam buku/bahan pustaka harus mengembalikan tepat pada waktunya.
b.            Buku/bahan pustaka yang akan diperpanjang harus dibawa untuk di selesaikan administrasi peminjamannya.
c.             Perpanjangan diizinkan apabila buku yang akan diperpanjang sedang tidak dipesan oleh anggota lain.
d.            Perpanjangan diizinkan apabila buku/bahan pustaka yang akan diperpanjang sedang tidak dipesan oleh anggota lain.
e.             Perpanjangan peminjaman buku/bahan pustaka hanya diizinkan sampai 2 (dua) kali maksimal.
f.             Batas waktu perpanjangan buku/bahan pustaka 1 (satu) minggu untuk sekali masa perpanjangan.
6.      PEMESANAN BUKU/BAHAN PUSTAKA
Peminjam atau anggota perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk dapat memesan buku/bahan pustaka yang sedang dipinjam oleh anggota perpustakaan yang lain dengan mengisi bon peminjaman.
7.      PELAYANAN ANTAR PERPUSTAKAAN
a.       Pelayanan permintaan surat pengantar dengan tujuan berkunjung/mencari informasi ke perpustakaan lembaga lain hanya diberikan kepada mahasiswa strata satu.
b.      Setiap permintaan hanya diizinkan dua surat dalam satu kota.
8.       PENGGUNAAN RUANG PERPUSTAKAAN
Untuk menjaga ketertiban dan ketenangan diharuskan:
a.             Mahasiswa/pengunjung pustaka wajib mengisi buku tamu.
b.            Menjaga dan memelihara buku yang berada di perpustakaan, serta menjaga dan memelihara buku/bahan pustaka yang akan dipinjam atau dibawa.
c.             Tidak makan, minum, tidur, berteriak, membuang sampah dan sebagainya di dalam perpustakaan.
d.            Pengguna perpustakaan dilarang menyobek dan merusak bahan atau koleksi pustaka.
e.             Pengguna perpustakaan dilarang mencabut, mengambil dan memindahkan kartu catalog dari laci ke laci yang lain.
f.             Memelihara kebersihan, keamanan, keindahan dan ketenangan di ruang perpustakaan.
g.            Pengguna perpustakaan dilarang memakai kartu orang lain.
h.            Pengguna perpustakaan dilarang memakai sandal dan kaos di area perpustakaan.
i.              Perpustakaan hanya digunakan untuk membaca atau belajar dengan tertib dan sopan.
j.              Sebelum meninggalkan ruang perpustakaan buku dan kursi dikembalikan ketempat semula.
9.      BEBAS TANGGUNGAN PERPUSTAKAAN
a.       Mahasiswa diwajibkan memiliki keterangan bebas tanggungan perpustakaan sebelum pengambilan ijazah.
b.      Formulir bebas tanggungan dapat diperoleh di perpustakaan setiap hari pada jam kerja perpustakaan dengan syarat bebas perpustakaan yang berlaku*
c.       Mahasiswa harus dapat surat keterangan bebas tanggungan (bebas pustaka) dari Perpustakaan oleh kepala perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk jika telah menyelesaikan seluruh administrasi yang diperlukan.

C.    KEANGGOTAAN PERPUSTAKAAN
1.      KEANGGOTAAN
a.             Yang berhak menggunakan fasilitas perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk adalah:
1)         Mereka yang terdaftar sebagai mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk.
2)         Dosen dan karyawan STKIP PGRI Nganjuk.
3)         Masyarakat Umum dengan menunjukkan surat pengantar dari lembaga dimana mereka bekerja/belajar atau identitas lainnya.
b.     Yang menjadi anggota perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk adalah:
1)    Semua dosen dan karyawan STKIP PGRI Nganjuk.
2)    Semua mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk yang telah menjadi mahasiswa sah atau sementara yang masih berlaku dan sudah terdftar di STKIP PGRI Nganjuk.
3)    Masyarakat umum yang sudah mendaftar sebagai anggota perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk dibagian perpustakaan.
c.    Syarat-syarat menjadi anggota perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk:
1)    Mahasiswa yang telah memiliki kartu mahasiswa.
2)    Menunjukkan kartu mahasiswa yang masih berlaku.
3)    Dosen dan karyawan STKIP PGRI Nganjuk.
d.   Waktu pendaftaran anggota perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk.
1)    Mahasiswa baru dapat dikatakan sebagai anggota jika telah benar – benar diterima di STKIP PGRI Nganjuk dan memiliki kartu mahasiswa, dapat melakukan pendaftaran pada jam kerja.
2)    Mahasiswa semester dua keatas yang belum menjadi anggota perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk dapat melakukan pendaftaran pada jam kerja perpustakaan.
3)    Dosen dan karyawan STKIP PGRI Nganuk dapat melakukan pendaftaran anggota perpustakaan pada jam kerja.
2.      SANKSI
a.       Pelanggaran oleh pengunjung terhadap peraturan dan tata tertib dapat dikeluarkan dari ruang perpustakaan.
b.      Peminjam yang terlambat mengembalikan buku /bahan pustaka perpustakaan diwajibkan membayar denda Rp.500 (lima ratus rupiah) tiap hari untuk setiap exemplar.
c.       Peminjam yang menghilangkan atau merusak buku serta koleksi pustaka lainnya harus mengganti buku yang sama sebanyak dua exemplar.
d.      Peminjam yang melakukan pelanggaran akan diberikan sangsi dan diteruskan ke Ka. Perpustakaan untuk diambil tindakan.

D . JENIS PELAYANAN
JENIS PELAYANAN
PERSYARATAN
1.     Layanan Pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota)  Perpustakaan
Foto copy KTM & mengisi formulir
2.     Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian) Buku/Bahan Pustaka
Menunjukan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
3.    Waktu Pelayanan
Senin sampai dengan jumat
Pukul 15.30 – 20.00

E. DEFINISI
1.  Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan / atau karya rekam secara professional system yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitihan, pelestarian, informasi dan rekreasi para pustaka.
2. Ruang baca adalah suatu tempat yang mengelola bahan kepustakaan yang dibutuhkan oleh masyarakat STKIP PGRI Nganjuk sebagai tempat penyelenggaraan program pembinaan kemampuan membaca dan belajar serta sebagai tempat untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat STKIP ‘PGRI’ Nganjuk dengan koleksi yang tersedia di atas 5000  sampai dengan hamper 7000  judul buku/bahan pustaka.
3.  Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk adalah perpustakaan yang dimiliki oleh instansi STKIP PGRI Nganjuk.
4.  Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk adalah perpustakaan yang diperuntukan bagi masyarakat STKIP PGRI Nganjuk secara luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama dan status sosial ekonomi yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang layanannya berkepentingan dengan satuan pendidikan yang bersangkutan.
5.   Pelayanan sirkulasi adalah pelayanan dimana buku koleksi buku dapat dipinjam / dibawa pulang sesuai dengan aturan yang berlaku.
6.   Pelayanan Referensi adalah pelayanan koleksi rujukan, koleksi hanya sebatas dibaca di tempat / di fotocopy dan tidak boleh dipinjam / dibawa pulang.
7.   Pelayanan Koleksi Tandon adalah pelayanan koleksi cadangan / khusus yang hanya bisa dibaca ditempat / difotocopy dan tidak boleh dipinjam / dibawa pulang.
9. Standar pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
10. Maklumat pelayanan adalah pernyataan tertulis yang berisi keseluruhan rincian kewajiban dan janji yang terdapat dalam standar pelayanan.
11. Pihak terkait adalah pihak yang dianggap kompeten dalam memberikan masukan terhadap penyusunan Standar pelayanan.
12. Pelaksana pelayanan publik yang selanjutnya disebut pelaksana adalah pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang yang bekerja di dalam organisasi penyelenggara yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan pelayanan publik.

F.     SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR
1.               LAYANAN PERPUSTAKAAN STKIP PGRI NGANJUK
d.      Pengunjung / anggota mendatangi Informasi Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk dan mengisi Buku Tamu. Anggota baru mengajukan pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota) dengan persyaratan :
1)      Membawa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).
2)      Mengisi formulir pendaftaran.
e.       Setelah berkas pendaftaran lengkap, calon anggota dapat langsung menerima Kartu Tanda Anggota dari Petugas. Jika kartu perpustakaan belum jadi, calon anggota tetap bisa meminjam buku di perpustakaan dengan persyaratan tertentu.
f.       Anggota perpustakaan menuju ruang baca yang disediakan atau melihat katalog buku yang tersedia dalam program komputer.
g.      Aturan peminjaman buku di Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk adalah :
1)         Terdaftar sebagai anggota Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk.
2)         Masa peminjaman buku selama 1 (satu) minggu, maksimal pinjam 2 (dua) exemplar bahan pustaka per anggota dan boleh diperpanjang sampai 2 (dua) kali perpanjangan.
Keterlambatan pengembalian dikenakan sanksi denda  Rp 500,- / exemplar / hari.
3)         Apabila buku yang dipinjam hilang / rusak peminjam wajib mengganti dengan 2 (dua) exemplar / subyek yang sama.
h.      Alur peminjaman buku :
1)          Anggota menyerahkan buku yang akan dipinjam kepada petugas.
2)          Petugas memasukkan nomor anggota dan judul buku secara otomasi.
3)          Pada Lidah Buku dituliskan tanggal kembali buku yang akan dipinjam.
4)          Pada Kartu Buku dituliskan Nomor Anggota Peminjam dan Tanggal Kembali Buku.
5)          Petugas mengambil Kartu Buku dan menyimpannya.
i.        Untuk pengembalian buku/ bahan pustaka, petugas menerima buku dari peminjam dan meletakkan Kartu Buku kembali dalam Kantong Buku. Petugas selanjutnya mengembalikan buku pada tempatnya.
j.        Anggota atau pengunjung Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk dapat memberikan masukan tentang jenis buku yang dibutuhkan dengan mengisi Blanko Saran dan memasukkannya ke kotak saran yang tersedia di Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk.
k.      Masukan pengunjung perpustakaan tentang buku yang dibutuhkan menjadi bahan (input) untuk pengadaan koleksi yang dilaksanakan oleh Kepala Perpustakaan dan Staf Perpustakaan yang melayani pengadaan dan pengolahan kepustakaan.



G.    WAKTU  PENYELESAIAN :
JENIS PELAYANAN
WAKTU PENYELESAIAN
1.    Layanan Pembuatan KTA
10 (Sepuluh) menit
2.    Layanan Peminjaman  Buku perpustakaan
1 minggu dan dapat diperpanjang 2X


    
Catatan : Pelayanan diberikan setiap hari kerja dan kecuali hari libur pelayanan tutup

H. BIAYA
1.  Semua jenis pelayanan yang dilaksanakan oleh Bidang Layanan Perpustakaan  tidak  dipungut biaya (Gratis)
I.   Produk Pelayanan
1.      Produk pelayanan berupa memberikan informasi tentang buku-buku  perpustakaan, menyediakan tempat bacaan buku perpustakaan.
2.      Meminjamkan buku/bahan pustaka.
3.       Anggota perpustakaan.

J.  SARANA, PRASARANA DAN / ATAU FASILITAS
1.         Komputer & Printer
2.         Buku Perpustakaan
3.         Form Monitoring
4.         Cheklis
5.         Foto
6.         Rak / lemari buku
7.         Kursi
8.         Meja Perpustakaan
9.         Buku catalog
10.     Kotak Pengaduan
11.     Buku kunjungan
12.     Kipas Angin
13.     Televisi
14.     FelingKabinet.
15.     WIFI
KOMPETENSI DAN JUMLAH PELAKSANA
PELAKSANA
JUMLAH
TUGAS
1.    Caltira Rosiana,M.Pd
(Wakil Ka.Perpustakaan)

2.      Bu Surtasih
(Ka. Urusan Perpustakaan)
3.      Pak Harison
(Staf Perpustakaan)
1 Orang

1 Orang
1 Orang
Yang memiliki tugas dalam bidang Informasi dan layanan.
Memiliki Tugas sebagai membantu Ka. Perpustakaan dalam melakukan pengolahan perpustakaan
Memiliki tanggung jawab dalam managemen perpustakaan.
Memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan dalam perpustakaan.

L. PENGAWASAN INTERNAL
1.      Pengawasan Internal terhadap proses pelayanan perpustakaan dan prosedur dipantau oleh koordinator  Ka. Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk.
2.      Secara periodik pengawasan internal minimal dilaksanakan setiap bulan untuk memastikan seluruh proses realisasi pelayanan dapat dikendalikan.
       
    Nganjuk, 15 Juni 2018
                                Ka Perpustakaan STKIP PGRI Nganjuk


             CALTIRA ROSIANA, M.Pd
NIDN. 0715068803




Disqus Comments